Subscribe

24 Desember 2008

Apa itu A-GPS

A-Gps yaitu Assisted Global Positioning System, yang pada prinsipnya membantu perangkat handset kita mendapatkan sinyal satelit GPS dengan cepat waupun kita berada di dalam gedung menggunakan bantuan provider dengan biaya koneksi GPRS dari masing² provider yang di gunakan.

Bagaimana cara mengaktifkan A_GPS di nokia map 2.0 ?
Dalam Nokia map 2.0 pengaturan A-GPS dapat di setting dengan cara masuk ke menu map di GPS lalu tekan >option>tools>Go Online. Setelah kita mendapat sinyal satelit lewat A-GPS lebih baik di nonaktifkan kembali dengan cara tekan >option>tools>Go offline.

Apakah keuntungan dan manfaat dari A-GPS?
A-GPS didesain untuk memungkinkan perangkat dalam mendapatkan sinyal satelit lebih cepat dan dapat dipercaya daripada dengan GPS standalone. Sebagai contoh, positioning dilakukan lebih cepat dalam keadaan cold-start, yaitu, saat koneksi GPS telah dimatikan dalam waktu yang lama, atau apabila pengguna melakukan perjalanan ke negara yang berbeda.
Dengan A-GPS, waktu perkiraan untuk membangun koneksi GPS menurun secara signifikan. Karena memerlukan beberapa menit bagi perangkat dalam menggunakan GPS untuk membangun koneksi GPS dalam keadaan cold-start, A-GPS menurunkan waktu yang diperlukan umumnya puluhan detik.
Selain itu, A-GPS mengurangi waktu yang diperlukan perangkat untuk menemukan posisi saat itu, disebut sebagai 'Time To First Fix' (TTFF), untuk sebagian besar lokasi geografis di seluruh dunia.
GPS mempunyai beberapa batasan yang juga berlaku pada A-GPS. Sebagai contoh, keberadaan dan kualitas sinyal dipengaruhi oleh bangunan, gangguan alam, kondisi cuaca, dan lokasi pengguna. Apabila Anda berada dalam ruangan, pindah ke luar ruangan. Pastikan juga bahwa tangan Anda tidak menutupi penerima GPS, yang berada di bawah perangkat Anda.

Jaringan seluler dan koneksi data apa yang digunakan untuk A-GPS?
A-GPS menggunakan koneksi jaringan seluler 3G dan 2G dan koneksi data paket GPRS dan EGPRS. Anda juga harus mempunyai titik akses internet yang ditentukankan dalam perangkat kompatibel Anda.
Titik akses Wireless LAN (WLAN) saat ini tidak didukung saat menggunakan A-GPS.

Dimana saya dapat menggunakan A-GPS?
A-GPS terdapat di seluruh dunia, selama Anda mempunyai akses ke jaringan seluler dan koneksi data. Anda juga dapat menggunakan layanan selain jaringan rumah Anda (saat roaming).
A-GPS tidak tergantung pada layanan operator tertentu.

Berapa biaya A-GPS?
Mendownload data bantuan melibatkan transmisi sejumlah data melalui jaringan provider layanan. Umumnya untuk mendapatkan koneksi GPS dengan A-GPS memerlukan kurang dari 10kB data yang ditransfer.
Semua biaya transmisi data dibayar oleh pengguna. Selain jaringan seluler rumah Anda, yaitu, saat roaming, biaya dapat berbeda-beda. Hubungi provider layanan untuk informasi tentang biaya transmisi data.

0 komentar:

Posting Komentar