Subscribe

15 Desember 2008

Nokia 5800 Touch Screen Express Music

Nokia 5800 Touch Screen Express Music

Tanggal 2 Desember lalu aku mengikuti seminar training product nokia 5800 di grand candi Pandanaran bersamaan dengan nokia 7100, yang pada waktu itu di bawakan oleh Dedy Chandra dari Intouch yang sering men-train product² baru Nokia. Bayangan pertama yang muncul mengenai nokia 5800 adalah ribet secara handphonenya sendiri touch screen, mengingat pengalaman yang agak ribet juga memakai nokia touch screen 6708 khususnya waktu mengetik sms.

First Impression
Setelah beberapa saat memegang dan mengoperasikan beberapa menu yang ada, terasa beda dan jauh dari kata ribet memang pertama agak kagok waktu masuk ke beberapa menu karena terbiasa memakai keypad. Selanjutnya sewaktu mencoba sms terasa nyaman juga karena adanya modus full QWERTY mode sehingga ngetik sms seperti mengetik di keyboard dan dengan adanya accelerometer yang memudahkan layar berpindah ke modus landscape dengan sekali putar. Ada 4 pilihan input untuk metode penulisan yaitu : handwriting, alpha numeric, mini qwerty ( dengan layar portrait ) dan full qwerty ( dengan layar landscape )

Uniknya lagi di Nokia 5800 selain layarnya yang memakai accelerometer dalam paket penjualannya juga terdapat satu game balap mobil GT Racing yang cara mainnya tinggal goyang ke atas atau bawah untuk belok kanan atau kiri. Satu hal yang baru lagi yaitu dengan adanya contact organiser dan media bar yang terletak di sebelah kanan atas yang berfungsi sebagai shortcut ke berbagai menu multimedia seperti galery, kamera, share online serta music player. Sedang kan dengan contact organiser kita bisa memasang 4 contact yang sering kita hubungi dan dalam contact tersebut kita bisa mengetahui log dan memasang rss feed misalnya dari flickr atau rss dari web feed. Dilengkapi juga dengan GPS dgn tehnologi A-GPS dan mendapatkan free trial navigasi selama 7 hari. Di Nokia 5800 kita juga bisa berbagi playlist dari music yang sering kita putar dan mengirimnya melalui mms atau bluetooth. Dilengkapi juga fitur perekam radio yang belum ada di beberapa nokia seri sebelumnya.

Dalam paket penjualannya sendiri juga di sertakan 2 stylus, 1 plectrum ( semacam stik gitar yang bisa di gunakan juga sebagai pengganti stylus ), dudukan ( penyangga u/ nonton video ), memori card 8 giga byte. Dan pastinya handfree serta TV out buat display ke layar TV.

System Operasi
Nokia 5800 memakai sistem operasi symbian fifth edition. Dalam prakteknya beberapa aplikasi seperti aplikasi theme di symbian v3 masih bisa di install di nokia 5800 dan aplikasi game java, namun bedanya karena modelnya touch screen game² java yang terinstall hanya sekitar ¾ layar utama sedang bagian bawah adalah kontrol atas bawah kiri kanan sebagai kontrol game. So far masih belum banyak aplikasi yang compatible hanya beberapa tema yang bisa di install.

After all
Sesuai dengan slogannya “Touch, Play Share” Nokia 5800 memang memberikan pengalaman baru dalam hp express music nokia terbaru yang selain memberikan akses mudal ke menu music juga pengalaman berbagi picture atau video secara online dan layar sentuh yang berbeda dari tipe sebelumnya.

8 komentar:

Anonim mengatakan...

Info yang bagus sekali. Review dari pengalaman mencoba langsung. Ini yang saya cari ^^.

Mas Webmaster, mau tanya nih.. Seperti kita tahu kan, bahwa pengoperasian OS Symbian S60 cukup ribet buat newbie.
Dan buat kita yang sering pakai S60, pasti pernah terpikir kelambatan dan lag pada saat mengoperasikan, belum lagi kalau dibuat multitasking.

Pertanyaan saya, apakah Nokia 5800 masih seperti itu? Apakah lebih baik atau tambah parah? Secara S60 5th kan masih baru, dan Touchscreen juga masih baru pada ponsel Nokia (selain N810), yang saya takutkan masih banyak kekurangan disana dan disini.

Saya pernah coba iPhone, Easy to Use banget. Nggak ada yang namanya lag waktu pengoperasian, multi touch, accelerator untuk video, music playlist, browser Safari, dll. Dan mungkin untuk sementara ini masih iPhone yang bisa seperti ini.

Bisakah 5800 atau bahkan N97 sperti itu? Karena saya lihat video demonya di Youtube, lag saat pengoperasian masih terjadi.

Makasih, maap klo commentnya kepanjangan ^^.

Anonim mengatakan...

Thanks commentnya mas, yang saya rasakan lumayan cepat cuman memang sedikit lebih lambat kalo di banding E-71 atau e63 atau semacam yang memakai s60v3 3rd upgrade.

Nah lebih lambat lagi kalo kita set:on theme effectnya di menu theme.

kalo masalah accelerometernya responya sensitif banget, yang asik kalo kita maen game bawaan dari 5800 yang balap , coba deh ^_^

nah overall sih lumayan cepat di banding dengan s60 sebelumnya. oh ya ada trobleshooting lagi di posting yang baru mengenai 5800 coba di cek di trit yang baru di sini :
http://weblognokia.blogspot.com/2009/02/icon-music-do-5800-hilang.html

Anonim mengatakan...

gue dah pake 5800 xm,untuk kelas touchscreen lumayan nyaman dg adanya backlight dan vibrator pada saat kita sentuh layarnya,klo nge"lag" pada saat dioperasikan memang cirikhas dari S60, tapi setelah nih tube dah di update firmwarenya ke versi 11 ato 20 ilang tuh nge"lag"nya

Anonim mengatakan...

trus da yang bilang nih henpon disebut-sebut iPhone killer,tapi klo saya bandingkan dengan iphone memang 5800 lebih nyaman dipake,so dari pada ribet tunggu aja N97,pasti "mak Nyussss!!"

Anonim mengatakan...

Iya katanya sih gitu yah...N5800 kereen banget, tapi gw lagi bingung nih bagusan mana yah Nokia 5800 sama BB Curve 8320, mohon bantuan pendapatnya dounk. Thx

Pizcez mengatakan...

Ane bru pake Nokia 5800 XM. ternyata pengoprasianx gak seribet komentar orang2 soal Nokia 5800 XM. malahan mnurut Ane inilah produk Music The Bestx Nokia, khususx hiburan,,tpi kalo bwat kaum kantoran Ane pkir gak co2k pke nih Hp,coz aplikasi officex gak ada, mesti instal aplikasi office dri isteri ke 3,,maksud Ane pihak ke 3. Ente akn mndapatkan penglaman baru dri geberan sound Nokia 5800 XM. gak percaya...? Try it...

Pizcez mengatakan...

Nokia 5800 XM vs BB Curve 8320...? Mnurut Ane wlaupun N5800XM klah gede sama BB Curve 8320 tpi Performx,pengoprasian,kamera,3G,Sound,easy to use,model & ukuran,dll. Ane msih jagoin Nokia 5800 XM, bkan karna Ane User N5800 XM,,tpi klo ngeliat Preview ke 2 Prangkat itu,,jelas aja Nokia 5800 XM menang KO pda ronde ke 2. tpi yg punya BB Curve 8320 jgan ngmbek Ok..he,,he,,,

Stitch peaCker mengatakan...

Kira" skrng hrga N5800 xm brp ea.?
Mau bLi nuie.

Posting Komentar